Tips untuk menjadi seorang Single Parents yang mandiri

 

Jika dulu menjadi single parent seperti sebuah hal yang tabu namun beda dengan sekarang di mana fenomena single parent sudah mulai banyak ditemukan. Meski masih dipandang sebelah mata akan tetapi menjadi single parent tidaklah mudah, sebagai orang tua tunggal sudah pasti akan mengemban tugas ganda yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang tua baik menjadi ayah maupun ibu. Bila posisi anda saat ini mengharuskan untuk bisa menjadi seorang single parent maka jangan terlebih dulu berputus asa, banyak orang di luar sana yang bisa tetap bertahan dengan keadaan yang mungkin lebih berat dari anda, tetaplah Menjadi singel parent yang mandiri dan sanggup menjalaninya dengan sebaik baiknya.

 

Tips untuk bisa menjadi seorang single parent yang mandiri

 

  1. Memiliki dua peran

Baik menjadi ibu atau ayah sekaligus, ini berarti bahwa anda harus bisa mengemban tugas secara bersamaan dengan dua peran yang tak bisa tergantikan. Tak peduli anda adalah seorang ibu atau ayah yang single, tetap luangkan waktu untuk bermain dengan anak setelah kesibukan anda selesai. Anda juga bisa mencarikan teman bermain jika dirasa terlalu sulit bagi anda untuk memainkan permainan anak, dan jangan lupa untuk tetap berusaha menjelaskan kondisi anda dan pasangan yang sudah tidak bersama agar anak tidak bingung dengan kondisi di rumah.

 

  1. Masalah keuangan dan ekonomi

Jika dulu semua pengeluaran dalam rumah tangga bisa diatasi secara bersama, namun kali ini anda harus bisa menentukan sendiri semua pengeluaran yang berkaitan dengan kebutuhan hidup anda dan anak, mulai dari kebutuhan sehari – hari, sekolah, kesehatan, serta uang saku anak. Anda harus lebih cermat dalam memilah apa saja yang menjadi prioritas dari kebutuhan anda, selain itu juga anda harus bisa menyisihkan sedikit uang untuk tabungan dan investasi yang kelak akan sangat membantu anda jika sudah saatnya.

 

  1. Faktor lingkungan

Harus diakui bahwa hidup memang harus selalu bisa bersosialisasi dengan lingkungan, meski terkadang terasa cukup berat karna dipandang miring namun tidak ada salahnya untuk tetap berusaha menjadi pribadi yang baik dalam masyarakat. Untuk mengatasi resiko cibiran atau omongan dari lingkungan maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mencari teman baik dari keluarga atau saudara agar bisa menemani di rumah, selain itu juga jangan terlalu menutup diri dari lingkungan dan selalu ikuti berbagai kegiatan masyarakat yang kiranya bisa membuat anda lebih akrab dengan sekitar.

 

  1. Kebutuhan seksual

Bagaimana pun juga seksual memang sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang dan tentu saja ini akan cukup merepotkan ketika sudah dalam posisi single parent, maka sangat penting sekali untuk bisa melakukan berbagai aktivitas lain yang bisa mengantisipasi hasrat seksual yang lebih besar. Beberapa kegiatan yang bisa anda coba lakukan antara lain seperti menonton film dan membaca majalah dewasa, melampiaskan hasrat dengan cara masturbasi, atau bisa juga anda mengikuti aktivitas atau hobi lain, misalnya bermain taruhan bola yang fun dan tidak memicu hasrat seksual yang lebih besar.

 

 

Pada akhirnya, menjadi seorang single parents bukanlah hal yang mudah. Kita harus berusaha lebih keras dan tentunya bisa lebih sabar dalam mengatur emosi yang kita miliki. Semua ini karena pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan berdua seperti contohnya mengurus dan mendidik anak serta mempersiapkan kebutuhan rumah dan ekonominya semua harus dikerjakan sendiri. Akan tetapi semua itu bukanlah tidak mungkin, dengan beberapa tips di atas anda pasti bisa melakukannya. Selain itu apapun kata orang orang di sana, anda tetap harus kuat dan meyakini pilihan anda menjadi single parents. Ingat bahwa semua yang anda lakukan untuk buah hati anda.

 

Spread the love